Selasa, 09 Agustus 2011

Siapa sangka si Miskin bisa membantu Anda

Jika saya bertanya kepada Anda, "Siapakah kira-kira yang bisa membantu Anda untuk memperoleh rezeki, orang miskin atau orang kaya?" Tentu saja kebanyakan dari Anda akan menjawa, "Pastinya ya orang kaya, gak mungkin orang miskin bisa menolong kita mencari rezeki. Sedangkan rezeki untuk dirinya saja tidak cukup-cukup."

Benarkah demikan? Jika dari logika berpikir memang benar. Karena hanya si kaya yang memiliki rezeki lebih dari cukup untuk dibagi-bagikan kepada orang lain. 

Namun Islam tidak hanya agama logika. Selain logika ada yang namanya iman dan keyakinan. Seperti yang sama-sama kita yakini, bahwa salah satu rukun iman adalah Iman kepada Rasul-rasul Allah. Jika demikian yang kita yakini, maka seharusnya Anda memercayai apa yang dikatakan oleh Baginda Rasul Nabi Muhammad SAW berikut,


Dekatkan dirimu kepada-Ku (Allah) dengan mendekatkan dirimu kepada kaum lemah dan berbuatlah ihsan kepada mereka. Sesungguhnya kamu memperoleh rezeki dan pertolongan karena dukungan dan bantuan kaum lemah di kalangan kamu. 
(HR. Muslim)

Dari hadist tersebut kita tahu, bahwa ternyata kaum lemah bisa menolong kita dalam memperoleh rezeki. Kaum lemah di sini termasuk salah satunya adalah orang-orang miskin. Mungkin orang miskin tidak bisa memberi pertolongan secara kasat mata, namun ada sesuatu yang tidak terlihat yang berperan di sana, yaitu doa dari si miskin yang langsung didengar oleh Allah. Jika diibaratkan sebuah kendaraan, maka doa si miskin adalah kendaraan super cepat yang memiliki jalan tol pribadi untuk langsung menuju ke pintu kerajaan langit.

Jika Anda mengakui diri Anda sebagai orang beriman, maka seharusnya Anda mengakui kebenaran setiap perkataan Rasulullah. Maka sudah seharusnya mulai saat ini kita mendekatkan diri kepada kaum lemah dan berbuat ihsan kepada mereka.

Semoga pertolongan Allah selalu menyertai kita.

Comments :

0 komentar to “Siapa sangka si Miskin bisa membantu Anda”

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 by Sarli Rahman